'/> Proses Terjadinya Resistensi Insulin Penyebab Kekacauan Sel Tubuh

Info Populer 2022

Proses Terjadinya Resistensi Insulin Penyebab Kekacauan Sel Tubuh

Proses Terjadinya Resistensi Insulin Penyebab Kekacauan Sel Tubuh
Proses Terjadinya Resistensi Insulin Penyebab Kekacauan Sel Tubuh
Proses Terjadinya Resistensi Insulin Sehingga Menimbulkan Kekacauan Sel Dalam Tubuh - Makanan yang banyak mengandung karbohidrat menyerupai nasi, kentang, roti, permen, sirup, dan banyak sekali manisan memicu kenaikan insulin secara cepat. Pasokan karbohidrat yang mengandung banyak gula dan tepung merangsang pankreas untuk memompa insulin keluar lebih banyak untuk mengimbangi kadar gula yang tinggi dalam darah.

Akibat membanjirnya ajaran gula yang berasal dari masakan tersebut. Insulin mengubah gula menjadi glikogen dan menyimpan-nya dalam hati dan otot, jikalau cadangan glikogen masih banyak, maka insulin mengubah gula menjadi lemak.

Proses Terjadinya Resistensi Insulin Sehingga Menimbulkan Kekacauan Sel Dalam Tubuh PROSES TERJADINYA RESISTENSI INSULIN PENYEBAB KEKACAUAN SEL TUBUH

Saat gula yang masuk ke dalam badan bertambah banyak, sel badan akan kewalahan untuk menampungnya. Dalam kondisi demikian, meskipun insulin yang disediakan oleh pankreas banyak, namun sel tidak mau merespon-nya secara normal atau terjadi penolakan. Saat terjadi penolakan insulin menyerupai ini, pankreas dipakasa bekerja lebih keras lagi untuk memproduksi insulin yang lebih banyak semoga kadar gula dalam kondisi normal.

Kondisi menyerupai ini sama sekali tidak disadari, oleh lantaran tidak ada sinyal apapun yang di isyaratkan badan bahwa pankreas sedang bekerja keras. Kondisi ini gres dirasakan ketika tekanan darah meningkat, keseimbangan lemak darah terganggu, dan penumpukan lemak perut semakin banyak. Deretan insiden tersebut merupakan jawaban dari resistensi insulin.

Secara singkat, resistensi insulin terjadi ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah cukup banyak, namaun lantaran karena sebab tertentu insulin menjadi tidak efektif dalam menyalurkan glukosa dari darah kedalam sel sel tubuh.

Penyebab Kegagalan Insulin Bekerja

Beberapa faktor yang menjadikan kegagalan insulin menjalankan tugasnya dengan baik yaitu sebagai berikut;
  • Jumlah reseptor pada sel jauh lebih rendah daripada kondisi normal
  • Insulin tidak sanggup melekatkan dirinya pada reseptor
  • Insulin yang diproduksi pankreas cacat.
Begitulah pernjelasan lengkap mengenai proses terjadinya resistensi (kekacauan) insulin sehingga gagal menjalankan tugasnya, dari kekacauan insulin inilah akan timbul banyak sekali penyakit yang disini kami namakan sindrom-X ( hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas ). Pada halaman selanjutnya akan kami bahas korelasi antara resistensi Insulin dengan sindrom-X, tetaplah bersama kami...
Advertisement

Iklan Sidebar